Ied Mubarak 1438H

Assalamuaikum wr.wb



イードおめでとうございます!!
開齋節快樂!
Happy Ied Mubarak 1438H

Alhamdullilah, satu hari dimana hari yang paling berbahagia setelah 1 bulan penuh berpuasa pada siang hari dan mencoba untuk menahan segala hawa macam hawa nafsu....

Taichung Mosque
di postingan sebelumnya udah ngebahas tentang hari awal-awal puasa di taiwan ini yang bisa dibilang pengalaman baru juga untuk seorang yang menulis ini. 
Nah, mungkin di postingan yang bakalan di posting ini sekarang lebih ngarah ke cerita perjuangan menahan hawa nafsu selama 1 bulan ini dan akhirnya sampe ke hari kemenagan.... yeay!!!!!

1 bulan,,, di dunia perantauan. 1 bulan dengan rasa yang sangat bermacam-macam..kalo katanya sih nano-nano... ada seneng, sedih, dan mungkin yang lainnya....
masih ingat tahun lalu, dimana setiap hari kayaknya masih ada didalam rumah , setiap hari sahur masih dibangunin, makan sahur selalu disiapin, begitu juga untuk berbuka semuanya mungkin bantu tapi hanya sebisanya... tapi tahun ini totally different... 
WHY?
Bukber yang diadakan di Masjid selama Bulan Ramadhan
1 bulan dimana segala macam aktivitas seakan akan datang tidak ada henti, sampe sampe bingung mau ngelakuin yang mana dulu, senin-jumat sekolah mungkin bisa dibilang dari jam 7 pagi (karena ada piket juga) sampe jam 8 malam (walaupun gak setiap hari) , terus malemnya ngerjain tugas yang semuanya dateng diakhir-akhir (mungkin karena ini juga udah mau ujian akhir juga sih)
Jadi, karena sibuknya terkadang lupa kalau misalkan lagi puasa... 
Tapi, anehnya kalo dibilang sibuk emang beneran sibuk bukan main. tapi, hampir setiap hari alhamdullilah masih bisa ke masjid dan mungkin malah kalau dihitung frekuensinya selama 1 bulan ini lebih banyak daripada masih ada dirumah tahun lalu. padahal, jarak masjid ke sekolah kalau lagi gak macet sekitar 30-40 menit tapi kalau lagi macet bisa sampe 1 jam. 


disitu saya juga merasa bingung.... kenapa bisa, semua urusan akhirnya selesai...ujian akhir, presentasi, tugas, translate tugas, piket, kelas. 

dan setiap hari rasanya enjoy, itu mungkin yang saya rasakan...

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٥) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٦)
“5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. 6. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan“.(Qs.Al-Insyirah: 5 – 6)

Alhamdullilah, setelah satu bulan, akhirnya sampai juga 25 june 2017, ketika ba'da maghrib waktu setempat saya melihat dari posting di facebook di webpage japan muslim(karena landasan yang dipakai di japan muslim dan juga di chinese muslim organisation sama) bahwa besok sudah ditetapkan sebagai 1 syawal..

dalam hati ada seneng, tapi mungkin ada perasaan aneh lah yang tiba tiba menghampiri...

"Berarti besok lebaran?" 
"Lebaran pertama jauh dari keluarga, waduh gimana rasanya ya??" 
"jadi mau pulang lagi kan...."

dan sebegainya....  

singkat cerita, keesokan harinya sekitar jam set 6 udah siap siap dan akhirnya jam 6 pagi berangkat ke masjid...sampai di masjid, ternyata udah banyak orang dan mungkin ini kali pertama saya lihat di masjid ada banyak sekali orang dari orang pakistan, malaysia, indonesia, taiwan muslim yang mau melaksanakan sholat ied...

Pemandangan Jamaah di Masjid Taichung

Bam--bam...
Matahari semakin terik tapi tidak menghalangi para jamaah untuk datang menunaikan ibadah sunah tersebut...


Melihat banyaknya orang pada saat itu, seketika langsung terpikir "kalau saja, setiap saat masjid bisa ramai kayak begini ya...","kalau saja muslim di negara ini bisa keluar semua seperti ini ya setiap saat, seolah menunjukan identitasnya di negara minoritas ini....“


Kesimpulannya...

Mungkin ini lebaran pertama ku di perantauan,, dan tapi mungkin harus segera beradaptasi ,, karena gak tau kapan lagi bisa melaksanakan ibadah sholat ied ini bersama-sama anggota keluarga dirumah(karena penempatan tanggal 1 syawal, setiap tahun masehi berbeda)... Tapi dimana pun itu, kalau kita bisa menikmati dan mengikuti alurnya insyaallah, pasti Allah akan memberikan yang terbaik..
Aamin...

 

 蔡裕君
Taichung, 07 03 2017

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Introduction